PENDAHULUAN
Pengertian Desain pekerjaan adalah suatu pendekatan di dalam
suatu pekerjaan yang dilakukan dengan sedemikian rupa untuk memetik minat
pekerja dengan mengadakan job enlargement yaitu praktek untuk memperluas isi
daripada suatu pekerjaan yang meliputi jenis dan tugas dalam tingkat yang sama
dan job enrichment yaitu praktek yang memberikan karyawan tingkat kebebasan
yang lebih tinggi terhadap perencanaan dan pengorganisasian melalui implementasi
kerja dan evaluasi hasil.
Banyak penelitian yang menghasilkan konsep dan teori baku
tentang job design dengan pendekatan motivasi. Konsep dan teori tersebut telah
banyak diadopsi oleh banyak organisasi di dunia dan terus mengalami perubahan
sesuai dengan perubahan zaman. Salah satunya adalah konsep tentang job design
dengan pendekatan motivasi adalah model survei Diagnostik Pekerjaan
Hackman-oldman yang mengkombinasikan lima variabel karakteristik pekerjaan.
Dengan menggunakan pendekatan ini organisaai dapat mendesign pekerjaan dengan
menggunakan karakteristik pekerjaan sebagai dasar kategori. Namun, sejalan
dengan perubahan dan kebutuhan terutama pada era globalisasai, konsep
hackman-oldman tidak mampu seluruhnya menjawab tantangan tersebut, untuk itu
perlu diadakan modifikasi konsep job design. Untuk itu perlu dilakukan
pengembangan model dan pendekatan job design dari setiap organisasi. Model baru
ini muncul sebagai akibat dari pengaruh lingkungan dan munculnya kebutuhan baru
dalam proses job design dari setiap organisasi tersebut. Namun model apapun
yang digunakan oleh tiap organisasi tersebut, job design harus mampu
mengakomodir kebutuhan individu dan organisasi dan mampu mencapai tujuan
organisasi secara efektif.
ISI
A.Peningkatan dimensi inti pekerjaan
Deskripsi pekerjaan (job description)
Menguraikan tugas-tugas yang harus dilakukan dalam suatu pekerjaan/jabatan.
Menguraikan tugas-tugas yang harus dilakukan dalam suatu pekerjaan/jabatan.
Spesifikasi pekerjaan
Menguraikan kualifikasi petugas yang harus melakukan tugas sesuai deskripsi pekerjaan dalam suatu jabatan.
Standar prestasi kerja
Standar yang digunakan untuk menilai apakah seseorang bekerja dengan benar/sesuai standar atau belum.
Standar kompensi
Standar kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang karyawan dalam melakukan suatu jenis pekerjaan.
Standar yang digunakan untuk menilai apakah seseorang bekerja dengan benar/sesuai standar atau belum.
Standar kompensi
Standar kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang karyawan dalam melakukan suatu jenis pekerjaan.
B. Masalah
desain ulang pekerjaan
Penulisan/penyusunan deskripsi pekerjaan
Nama jabatan
Kode jabatan
Tanggal penetapan deskripsi
Penyusun
Departemen
Lokasi
Fungsi jabatan
Tugas
Wewenang
Tanggung jawab
Hubungan lini
Kondisi kerja
Penulisan spesifikasi pekerjaan
Nama jabatan
Kode jabatan
Tanggal penetapan
Penyusun
Departemen
Lokasi
Persyaratan pemangku jabatan :
a. Pendidikan
b. Pengalaman
c. Persyaratan fisik
d. Persyaratan mental
e. Kemampuan/kompetensi
f. Jalur karier sebelumnya
Nama jabatan
Kode jabatan
Tanggal penetapan deskripsi
Penyusun
Departemen
Lokasi
Fungsi jabatan
Tugas
Wewenang
Tanggung jawab
Hubungan lini
Kondisi kerja
Penulisan spesifikasi pekerjaan
Nama jabatan
Kode jabatan
Tanggal penetapan
Penyusun
Departemen
Lokasi
Persyaratan pemangku jabatan :
a. Pendidikan
b. Pengalaman
c. Persyaratan fisik
d. Persyaratan mental
e. Kemampuan/kompetensi
f. Jalur karier sebelumnya
Sumber : dari blog
Tidak ada komentar:
Posting Komentar