Minggu, 01 April 2012

@ Desain Pekerjaan @

PENDAHULUAN
Pengertian Desain pekerjaan adalah suatu pendekatan di dalam suatu pekerjaan yang dilakukan dengan sedemikian rupa untuk memetik minat pekerja dengan mengadakan job enlargement yaitu praktek untuk memperluas isi daripada suatu pekerjaan yang meliputi jenis dan tugas dalam tingkat yang sama dan job enrichment yaitu praktek yang memberikan karyawan tingkat kebebasan yang lebih tinggi terhadap perencanaan dan pengorganisasian melalui implementasi kerja dan evaluasi hasil.
Banyak penelitian yang menghasilkan konsep dan teori baku tentang job design dengan pendekatan motivasi. Konsep dan teori tersebut telah banyak diadopsi oleh banyak organisasi di dunia dan terus mengalami perubahan sesuai dengan perubahan zaman. Salah satunya adalah konsep tentang job design dengan pendekatan motivasi adalah model survei Diagnostik Pekerjaan Hackman-oldman yang mengkombinasikan lima variabel karakteristik pekerjaan. Dengan menggunakan pendekatan ini organisaai dapat mendesign pekerjaan dengan menggunakan karakteristik pekerjaan sebagai dasar kategori. Namun, sejalan dengan perubahan dan kebutuhan terutama pada era globalisasai, konsep hackman-oldman tidak mampu seluruhnya menjawab tantangan tersebut, untuk itu perlu diadakan modifikasi konsep job design. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan model dan pendekatan job design dari setiap organisasi. Model baru ini muncul sebagai akibat dari pengaruh lingkungan dan munculnya kebutuhan baru dalam proses job design dari setiap organisasi tersebut. Namun model apapun yang digunakan oleh tiap organisasi tersebut, job design harus mampu mengakomodir kebutuhan individu dan organisasi dan mampu mencapai tujuan organisasi secara efektif.
ISI
A.Peningkatan dimensi inti pekerjaan
Deskripsi pekerjaan (job description)
Menguraikan tugas-tugas yang harus dilakukan dalam suatu pekerjaan/jabatan
.

Spesifikasi pekerjaan
Menguraikan kualifikasi petugas yang harus melakukan tugas sesuai deskripsi pekerjaan dalam suatu jabatan
.

Standar prestasi kerja
Standar yang digunakan untuk menilai apakah seseorang bekerja dengan benar/sesuai standar atau belum
.

Standar kompensi
Standar kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang karyawan dalam melakukan suatu jenis pekerjaan
.

B. Masalah desain ulang pekerjaan
 Penulisan/penyusunan deskripsi pekerjaan
 Nama jabatan
 Kode jabatan
 Tanggal penetapan deskripsi
  Penyusun
  Departemen
  Lokasi

 Fungsi jabatan
Tugas
Wewenang
Tanggung jawab
Hubungan lini
Kondisi kerja

Penulisan spesifikasi pekerjaan
Nama jabatan
Kode jabatan
Tanggal penetapan
Penyusun

Departemen
Lokasi
Persyaratan pemangku jabatan :
a. Pendidikan
b. Pengalaman
c. Persyaratan fisik
d. Persyaratan mental
e. Kemampuan/kompetensi
f. Jalur karier sebelumnya
Sumber : dari blog

_Apriliana Rusti Atikasari_
_10110964_
_2 KA 29_





Tidak ada komentar:

Posting Komentar