Selasa, 27 Desember 2011

Dimensi-Dimensi Dasar Struktur Organisasi

Dimensi-Dimensi Dasar Struktur Organisasi
 
Berbagai Fungsi yang Melekat pada Struktur Organisasi
a.    Wewenang adalah hak melakukan sesuatu atau  memerintah orang lain untuk melakukan sesuatu .
b.    Kekuasaan adalah kemampuan untuk memberikan atau tidak memberikan hadiah aau hukuman, tingkat kecakapan teknis, senioritas dalam organisasi, dan hubungan dekat dengan orang yang mempunyai kekuasaan.
c.    Tanggung jawab adalah kewajiba untuk melakukan sesuatu permasalahan.
d.    Akuntabilitas adalah factor di luar individu dan perasaan pribadinya.
e.    Rentang kendali adalah pengawasan terhadap beberapa orang jumlah bawahan yang dapat di kendalikan secara efektif oleh seorang manajer atau atasannya.
f.    Sentralisasi dan desentralisasi adalah bila wewenang didelegasikan atau dilimpahkan meluas dalam suatu organisasi,desentralisasi  wewenang terjadi dan jika organisasi wewenang dipegang atau dipusatkan pada seorang atau beberapa orang, kondisi sentralisasi wewenang tampak.
g.    Rantai wewenang skalar adalah keseluruhan kegiatan organisasi  dibagi-bagi dan dikelompokkan atas dasar fungsi, produk, wilayah dan sebagainya karena adanya saling ketergantungan diantaranya maka kegiatan –kegiatan tersebut harus diintegrasikan.
h.    Kesatuan perintah adalah aspek dasar struktur organisasi lainnya (implisit dalam rantai scalar) “satu orang, satu atasan”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar